Be the Leader in Finance and Accounting Department!

Finance merupakan fungsi yang unik dan diharapkan menjadi Business Partner yang strategis bagi perusahaan. Finance, dalam skala apapun, harus terlibat dan ikut serta dalam pengambilan keputusan manajemen baik yang bersifat tactical maupun strategic.

Sehubungan dengan itu seorang leader dibidang finance dituntut untuk dapat membawa tim-nya menjadi bagian yang terintegrasi dengan strategic team members, membangun winning team, mempertahankan independent view serta internal control yang efektif. Selain itu, finance tim diharapkan berperan sebagai advisor dan mengakomodasi kebutuhan executive director dan departemen lain.

Oleh karenanya seorang leader di finance dan accounting tidak hanya harus memiliki kemampuan teknis best practices bidang finance & accounting semata, tetapi juga leadership. Kemampuan leadership finance ini akan berbeda dengan leadership di department lain, karena permasalahan dan karakter tim finance sangatlah berbeda.

Untuk menjadi leader di departemen finance, seorang praktisi finance harus memiliki kemampuan dalam:

  • Mengurai dan memecahkan permasalahan laten di departemen finance dan accounting
  • Memilah dan memilih serta mengelola arus informasi yang dibutuhkan dan mengelola sistem informasinya secara efektif
  • Membangun tim finance dan accounting sebagai champion of change

Bagaimana mencapai kemampuan leadership di bidang finance?

Tentunya selain faktor pengalaman, managerial skills, dan bakat kepemimpinan yang terasah, pengetahuan yang berkaitan dengan urusan pengelolaan finance accounting serta kaitannya dengan departemen lain haruslah dimiliki oleh setiap kandidat leader ini. Sebagai tolok ukur atau barometernya seorang leader atau kandidat leader finance accounting haruslah memiliki pandangan dan jawaban atas berbagai pertanya terkait posisi tersebut seperti:

  1. Why Finance is unders pressure?
    Beberapa tipikal permasalahan yang selalu ada di finance dan accounting yang memerlukan pemecahan adalah:
    • Too much detail and complexity
    • Lack of understanding the business
    • Too many measures (too many reports)
    • Lack of risk management expertise
    • Lack of analytical skills

  2. Freedom Fighter
    Bagaimana finance dan accounting dapat mengurangi tingkat kompleksitas dan pekerjaan detail sehingga dapat memiliki ruang untuk proses analisa. Hal tersebut dapat dicapai dengan:
    • Mengelola informasi dan mencegah overload
    • Menyederhanakan system dan report
    • Focus on truth & transparency
    • Mengelola perangkat dan sistim yang dibutuhkan

  3. Meningkatkan peran sebagai Analyst dan Advisor
    Seorang leader finance harus memahami strategi finance dan accounting agar dapat meningkatkan kemampuannya sebagai analyst dan advisor yang selalu dibutuhkan. Untuk itu dia harus mampu:
    • Membangun tim yang kompeten
    • Membangun keahlian berkomunikasi di dalam tim kerja
    • Meningkatkan fungsi control yang efektif
    • Mendukung pengambilan keputusan secara efektif

  4. Membangun finance dan accounting menjadi tim yang adaptive
    • Mengelola system yang adaptive yang berorientasi terhadap customer
    • Cycle planning
    • Focus accountability
    • Mengelola akses terhadap sumber yang dibutuhkan

  5. Membangun tim finance dan acconting sebagai
    • Master of measurement
    • Regulatory of risk
    • Master Cost reduction

  6. Membangun tim finance dan accounting sebagai Champion of change

  7. Meningkatkan kemampuan komunikasi, delegasi, leadership, dsb.

Masih banyak hal tentunya yang belum dibahas disini. Namun uraian singkat ini diharapkan akan menginspirasi dan mengingatkan para praktisi finance akan hal-hal yang menjadi tolok ukur bagi seorang leader di finance and accounting departement sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan terarah..

Recommended Training: Leading Finance and Accounting Department

Recommended Reading: Management: Leading & Collaborating in the Competitive World

No comments: